Laa illaha illaallooh

Laa illaha illaallooh

Rabu, 18 Mei 2011

makam Sunan Bonang

Wisata Religi Makam Sunan Bonang Dibanjiri Peziarah

Makam Sunan Bonang yang menjadi tujuan wisata ritual di Tuban (foto : Ist)
TUBAN (Jurnalberita.com) – Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharam atau dalam penanggalan jawa disebut juga dengan 1 Suro, masih diyakini membawa karomah (keramat) oleh sebagian masyarakat. Berbagai aktivitas ritual dilakukan, salah satu diantaranya melakukan ziarah ke Makam Sunan Bonang.
Tak hanya ratusan orang yang melakukan ziarah dan wisata ritual, bahkan hingga ribuan peziarah yang datang membanjiri makam salah satu dari Sembilan Wali penyebar agama Islam di tanah Jawa ini. Peziarah yang datang pun tak hanya dari pulau Jawa, namun dari berbagai daerah di Indonesia.
Bahkan, diantara peziarah yang datang, baik dari pulau Jawa maupun dari luar jawa, seperti Kalimantan serta Nusa Tenggara Timur, ada sudah tiba di areal wisata ritual makam Sunan Bonang, sehari sebelum tanggal 1 Muharam guna melakukan ziarah serta wisata ritual.
Juru Kunci Makam Sunan Bonang, Muhammad Lazim mengatakan, para peziarah yang datang dan membajiri wisata ritual Makam Sunan Bonang, biasanya selalu datang secara berombongan, baik dari daerah sekitar pulau Jawa maupun dari Luar Pulau Jawa. “Malah ada yang sudah disini dua hari sebelum tanggal satu Muharam. Katanya, keramat Sunan Bonang sangat besar karena termasuk Wali tertua,” jelas M. Lazim.
Khoirul Huda (33), peziarah yang mengaku berasal dari Lamongan mengatakan, sayang jika berziarah ke makam Sunan Bonang hanya sebentar dan hanya membaca tahlil. Menurutnya, Sunan Bonang memiliki karomah yang luar biasa.
Huda yakin karomah yang dimiliki Sunan Bonang itu hingga sekarang masih terpancar dan akan terlimpahkan pada orang yang melakukan riyadloh (ritual) di makam tersebut. “Dibanding tempat-tempat keramat lainnya, Makam Sunan Bonang lebih besar karomahnya,” kata Huda.
Hal sama dikatakan Sapuan (25), peziarah asal Rembang, Jawa Tengah. Ia mengaku rutin setiap satu Suro datang ke makam Sunan Bonang. Menurutnya, karomah Sunan Bonang dapat memperkuat badan dan jiwanya sehingga mudah menghadapi berbagai masalah. “Makam Sunan Bonang sangat cocok untuk pemantapan ilmu, saya rutin ke mari,” ujarnya. (jb8/jb2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar